VLOG TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022 : BERBAGI DAN BERKOLABORASI






VLOG TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022 : BERBAGI DAN BERKOLABORASI

#pustekkom_kemdikbud #tvedukasi_kemdikbud #belajar.kemdikbud #kemdikbud.ri


Halo.. Sahabat Rumah Belajar

Perkenalkan nama saya Perdinan Markos Sinaga Sahabat Rumah Belajar Tahun 2022 dari Provinsi Kepulauan Riau. Kali ini saya akan berbagi dan berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar dan guru-guru yang ada di Indonesia dalam menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

Sebelum melaksanakan kegiatan berbagai dan berkolaborasi terlebih dahulu saya menerapkan praktik baik dalam pembelajaran di kelas dengan menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TIK dengan menggunakan Portal Rumah Belajar di kelas 10 dengan materi logaritma. Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan Portal Rumah Belajar.

Sebelum melakukan kegiatan inti saya melakukan kegiatan diagnostik awal untuk mengetahui kondisi murid-murid sebelum memulai pembelajaran, kemudian saya memberikan motivasi kepada murid agar tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran sampai akhir setelah melakukan kegiatan kegiatan diagnostik awal, saya melanjutkan dengan memberikan pertanyaan pemantik untuk merangsang atau memotivasi siswa untuk mengetahui materi yang akan dipelajari saat ini dan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi dan langkah-langkah penyelesaiannya yang akan dipelajari.

Kemudian setelah memberikan pertanyaan pemantik saya memberikan pengertian dan penjelasan tentang logaritma dan cara menyelesaikannya, kemudian saya juga memberikan contoh soal dan pembahasan untuk menyelesaikan logaritma kemudian melakukan kegiatan interaktif tanya jawab dengan murid-murid untuk mengobservasi dan mengukur pemahaman murid tentang materi logaritma.

Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran, kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah mengelompokkan peserta didik kedalam dua kelompok :
  • Kelompok yang pertama adalah kelompok murid yang sudah paham atau mengerti dan bisa belajar dengan mandiri dengan menggunakan panduan belajar.
  • Kelompok yang kedua adalah kelompok murid yang belum paham atau kurang paham terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan.

Kemudian saya melaksanakan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kedua kelompok tersebut. 
  • Bagi kelompok yang pertama yaitu murid yang sudah paham mereka dapat melanjutkan dengan mengerjakan soal atau menjawab kuis melalui bank soal pada portal rumah belajar.
  • Sedangkan bagi kelompok yang kedua yaitu murid-murid kurang paham maka saya akan memberikan contoh soal yang mirip dengan contoh soal sebelumnya dengan memberikan contoh konkrit dan penjelasan yang lebih rinci agar mereka lebih paham. 

Kemudian saya melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada murid tentang materi logaritma yang telah disampaikan. Sebelum menutup pembelajaran saya memotivasi siswa agar tetap rajin belajar dan mengulang-ulang pembelajaran di rumah dengan membuka Portal Rumah Belajar.


Setelah melakukan Praktik Baik, Saya melanjutkan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan guru di SMAN 2 BINTAN PESISIR. Saya mengajak para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan portal rumah belajar dan Platform Merdeka Mengajar. Kegiatan sosialisasi yang saya lakukan memaparkan Fitur-Fitur Rumah Belajar seperti kelas maya, sumber belajar, bank soal dan lab. maya.

Saya juga melakukan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan guru di SMPN 19 BINTAN. Saya juga mengajak para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

Dan terakhir untuk menjangkau lebih banyak guru-guru dan  sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bintan, maka saya melakukan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan-rekan guru MGMP FISIKA SMA Kabupaten Bintan. Saya mengajak para guru sebagai perwakilan dari sekolah masing-masing untuk menerapkan Pembelajaran Inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

(Penulis : Perdinan Markos Sinaga)

Share:

21 komentar:

  1. Video Pembelajaran yang disajikan sudah sangat bagus dan menarik, penerapan pembelajaran yang laksanakan juga sudah sesuai dengan Kurikulum Merdeka, hal ini terlihat guru yang bersangkutan sudah menerapkan siswa Berdiferensiasi sesuai dgn kemampuan siswa sehingga membuat siswa merdeka belajar.
    Tetap semangat Pak menjadi Aktor Perubahan Pendidikan.

    BalasHapus
  2. Sangat bagus pak, sesuai dengan kurikulum merdeka menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan karakter siswa, sangat bermanfaat pak

    BalasHapus
  3. Sangat menginspirasi dan memotivasi guru ...karya nya sangat bermanfaat pak

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali pak per.... Tetap selalu berbagi untuk pendidikan di Kepri khususnya dan Indonesia tercinta.....

    BalasHapus
  5. Wah, keren sekali Pak. Sangat inspiratif dan memotivasi kita untuk belajar terus. Sukses untuk kita semua Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu buat motivasinya. Sukses buat Kita Semua.

      Hapus
  6. Sangat inspiratif, tetap semangat dalam memberikan edukasi ya bapak, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu buat motivasinya. Sukses buat Kita Semua.

      Hapus
  7. Luar Biasa Pak..... Terus Semangat untuk menginspirasi guru-guru di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu buat motivasinya. Maju terus guru-guru Indonesia.

      Hapus
  8. Luar biasa pak,,, terus semangat menginspirasi kami guru di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu buat motivasinya. Maju terus guru-guru Indonesia.

      Hapus
  9. Terimakasih bu buat motivasinya. Mari kita sukseskan kurikulum merdeka. Maju terus guru-guru Indonesia.

    BalasHapus

Selamat Datang!

Selamat Datang Di Blog Belajar Santai Matematika! Ayo belajar matematika dengan santai dan menyenangkan! Semua bisa belajar matematika!

Profil Pelajar Pancasila

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Jumlah Pengunjung

Mengenai Saya

 


Perdinan Markos Sinaga

Sahabat Rumah Belajar 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2022
Sahabat Teknologi 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2023


Belajar Matematika Tidak Perlu Takut!

Belajar Matematika harus santai tidak perlu takut! "Belajar Matematika Ibarat main game, butuh logika, keterampilan dan perlu diulang-ulang"-Perdinan Markos Sinaga.

Recent Posts