LKPD SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL






Berikut adalah contoh LKPD sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)

 
Share:

LATIHAN SOAL SPLTV BAGIAN 1




SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

Berikut adalah soal latihan sistem persamaan linear tiga variabel. 
Baca petunjuk pengerjaan soal dengan cermat! 
Password : sayabisa
Semoga Berhasil! 

Share:

VLOG TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022 : BERBAGI DAN BERKOLABORASI






VLOG TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022 : BERBAGI DAN BERKOLABORASI

#pustekkom_kemdikbud #tvedukasi_kemdikbud #belajar.kemdikbud #kemdikbud.ri


Halo.. Sahabat Rumah Belajar

Perkenalkan nama saya Perdinan Markos Sinaga Sahabat Rumah Belajar Tahun 2022 dari Provinsi Kepulauan Riau. Kali ini saya akan berbagi dan berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar dan guru-guru yang ada di Indonesia dalam menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

Sebelum melaksanakan kegiatan berbagai dan berkolaborasi terlebih dahulu saya menerapkan praktik baik dalam pembelajaran di kelas dengan menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TIK dengan menggunakan Portal Rumah Belajar di kelas 10 dengan materi logaritma. Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan Portal Rumah Belajar.

Sebelum melakukan kegiatan inti saya melakukan kegiatan diagnostik awal untuk mengetahui kondisi murid-murid sebelum memulai pembelajaran, kemudian saya memberikan motivasi kepada murid agar tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran sampai akhir setelah melakukan kegiatan kegiatan diagnostik awal, saya melanjutkan dengan memberikan pertanyaan pemantik untuk merangsang atau memotivasi siswa untuk mengetahui materi yang akan dipelajari saat ini dan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi dan langkah-langkah penyelesaiannya yang akan dipelajari.

Kemudian setelah memberikan pertanyaan pemantik saya memberikan pengertian dan penjelasan tentang logaritma dan cara menyelesaikannya, kemudian saya juga memberikan contoh soal dan pembahasan untuk menyelesaikan logaritma kemudian melakukan kegiatan interaktif tanya jawab dengan murid-murid untuk mengobservasi dan mengukur pemahaman murid tentang materi logaritma.

Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran, kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah mengelompokkan peserta didik kedalam dua kelompok :
  • Kelompok yang pertama adalah kelompok murid yang sudah paham atau mengerti dan bisa belajar dengan mandiri dengan menggunakan panduan belajar.
  • Kelompok yang kedua adalah kelompok murid yang belum paham atau kurang paham terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan.

Kemudian saya melaksanakan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kedua kelompok tersebut. 
  • Bagi kelompok yang pertama yaitu murid yang sudah paham mereka dapat melanjutkan dengan mengerjakan soal atau menjawab kuis melalui bank soal pada portal rumah belajar.
  • Sedangkan bagi kelompok yang kedua yaitu murid-murid kurang paham maka saya akan memberikan contoh soal yang mirip dengan contoh soal sebelumnya dengan memberikan contoh konkrit dan penjelasan yang lebih rinci agar mereka lebih paham. 

Kemudian saya melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada murid tentang materi logaritma yang telah disampaikan. Sebelum menutup pembelajaran saya memotivasi siswa agar tetap rajin belajar dan mengulang-ulang pembelajaran di rumah dengan membuka Portal Rumah Belajar.


Setelah melakukan Praktik Baik, Saya melanjutkan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan guru di SMAN 2 BINTAN PESISIR. Saya mengajak para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan portal rumah belajar dan Platform Merdeka Mengajar. Kegiatan sosialisasi yang saya lakukan memaparkan Fitur-Fitur Rumah Belajar seperti kelas maya, sumber belajar, bank soal dan lab. maya.

Saya juga melakukan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan guru di SMPN 19 BINTAN. Saya juga mengajak para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

Dan terakhir untuk menjangkau lebih banyak guru-guru dan  sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bintan, maka saya melakukan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan-rekan guru MGMP FISIKA SMA Kabupaten Bintan. Saya mengajak para guru sebagai perwakilan dari sekolah masing-masing untuk menerapkan Pembelajaran Inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

(Penulis : Perdinan Markos Sinaga)

Share:

Tugas Pembatik Level 4 Tahun 2022 - Praktik Baik Di SMAN 2 Bintan Pesisir Kelas XII











Share:

Tugas Pembatik Level 4 Tahun 2022 - Praktik Baik Di SMAN 2 Bintan Kelas X










Share:

Tugas Pembatik Level 4 Tahun 2022 - Sosialisasi Praktik Baik Di SMPN 19 Bintan




Share:

Tugas Pembatik Level 4 Tahun 2022 - Sosialisasi Praktik Baik Di SMAN 2 Bintan Pesisir






Setelah melakukan praktik baik di kelas X dan XII, penulis melanjutkan dengan kegiatan 
sosialisasi berbagai dan berkolaborasi praktik baik dengan tema menerapkan pembelajaran inovatif berbasis Teknologi Informasi Komputer (TIK) dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar bersama dengan rekan-rekan guru di SMA Negeri 2 Bintan Pesisir.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah berbagai dan berkolaborasi dengan sesama guru di SMAN 2 BINTAN PESISIR untuk bersama-sama menerapkan pembelajaran yang inovatif dan berbasis TIK didalam kelas dengan menggunakan portal rumah belajar. 
Dengan menerapkan fitur-fitur utama yang ada pada portal rumah belajar dan menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan menggunakan platform merdeka mengajar diharapkan guru-guru dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat dan berpihak kepada murid.

Pada portal rumah belajar terdapt fitur utama sumber belajar dimana fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mencari berbagai sumber belajar maupun sebagai referensi. Pada fitur sumber belajar guru dapat memilih jenis sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik murid baik berupa suara edukasi, video pembelajaran atau media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan materi dan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan.

Dengan menerapkan portal rumah belajar maka kendala-kendala sarana dan prasarana sekolah seperti laboratorium yang tidak tersedia, maka guru dapat memanfaatkan fitur lab maya yang ada pada portal rumah belajar untuk membantu murid lebih dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan dengan lebih baik.  

Untuk melakukan melakukan evaluasi/asesmen pemahaman murid maka pada portal rumah belajar juga terdapat bank soal. Pada fitur bank soal guru dapat memilih berbagai jenis soal setiap mata pelajaran mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut antusias rekan-rekan guru di SMAN 2 BINTAN PESISIR untuk menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TIK dengan menggunakan portal rumah belajar dan Platform Merdeka Mengajar sangat tinggi. Rekan-rekan guru sangat bersemangat untuk mencoba dan belajar mengembangkan kompetensi mereka dalam pembelajaran berbasis TIK untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan berbasis TIK untuk memenuhi kebutuhan murid.
Share:
Logaritma
Share:

RPP 1 LEMBAR – RELASI FUNGSI

RPP 1 LEMBAR – RELASI -DOMAIN – RANGE FUNGSI

RPP INI Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) merupakan kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri.



Share:

Persamaan Eksponen

Share:

Penjumlahan dan Pengurangan Sinus Dan Kosinus Trigonometri

Share:

Cara Menyelesaikan Bentuk-Bentuk Soal Limit Fungsi Trigonometri

Share:

Pengimbasan Guru Belajar dan Berbagi Pendidikan Inkusif

Share:

Cara Cepat Belajar TIU | Konsep Perbandingan

Share:

Video Praktek Pembelajaran SPLTV (UKIN)

Share:

Cara menghitung nilai peluang menggunakan rumus kombinasi

Share:

Tugas Akhir Video Praktik Pembelajaran Matematika SPLTV PPG 2020

Share:

Sir Per - Cara Menyelesaikan Fungsi Logaritma

Share:

Cara Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Varibael (SPLTV) De...

Share:

Perkalian Istimewa dan Perkalian 37


Perkalian Istimewa
Syaratnya :
1. Jumlah angka satuannya harus 10
2. Angka puluhannya harus sama 

Contoh :
11 × 19 = 209
12 × 18 = 216
13 × 17 = 221
14 × 16 = 224
15 × 15 = 225
21 × 29 = 609
22 × 28 = 616
23 × 27 = 621
24 × 26 = 624
25 × 25 = 625

Perkalian 37

3 × 37 = 111
6 × 37 = 222
9 × 37 = 333
12 × 37 = 444
15 × 37 = 555
18 × 37 = 666
21 × 37 = 777
24 × 37 = 888
27 × 37 = 999
30 × 37 = 1110

Share:

Selamat Datang!

Selamat Datang Di Blog Belajar Santai Matematika! Ayo belajar matematika dengan santai dan menyenangkan! Semua bisa belajar matematika!

Profil Pelajar Pancasila

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Jumlah Pengunjung

Mengenai Saya

 


Perdinan Markos Sinaga

Sahabat Rumah Belajar 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2022
Sahabat Teknologi 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2023


Belajar Matematika Tidak Perlu Takut!

Belajar Matematika harus santai tidak perlu takut! "Belajar Matematika Ibarat main game, butuh logika, keterampilan dan perlu diulang-ulang"-Perdinan Markos Sinaga.

Recent Posts