Media Pembelajaran Interaktif (MPI) - Tugas Pembatik 2023 Level 3 (Kreasi)



Bintan (20/9) - Perjalanan mengikuti PembaTIK 2023 sampai level 3 tentunya penuh tantangan tersendiri bagi para peserta. Mengikuti PembaTIK 2023 tentunya menjadi motivasi bagi para pendidik untuk meningkatkan kompetensinya dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah. PembaTIK  level 3 adalah level Kreasi yang artinya pada level kreasi ini guru atau tenaga kependidikan diberi tantanngan berupa tugas akhir untuk membuat media pembelajaran digital. Salaha satu bentuk dari Media pembelajaran digital adalah media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif membuat proses pembelajaran yang dulunya membosankan menjadi menyenangkan dan lebih asyik.


Membuat Media Pembelajaran Interaktif

Dalam membuat media pembelajaran interaktif,guru atau pendidik harus memahami terlebih dahulu komponen-komponen apa saja yang ada dalam media pembelajaran interaktif. Hal-hal yang perlu diperhatikan atau dipresentasikan dalam pembuaatan media pembelajaran interaktif antara lain :

  • Judul
Buatlah judul media pembelajaran interaktif yang menarik dan mudah untuk diingat oleh siswa.  dan sesuai dengan isi materi.
  • Sasaran

Sebelum mengembangkan sebuah program Multimedia Pembelajaran Interaktif, pengembang harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang menjadi sasaran dalam penggunaan media pembelajaran interaktif tersebut, apakah siswa PAUD/SD/SMP/SMA/SMK?

  • Tujuan Pembelajaran

Tuliskanlah apa yang menjadi tujuan pembelajaran pada pengembangan MPI untuk mengetahui kompetensi yang harus dikuasai atau hasil belajar yang harus dicapai oleh peserta didik setelah belajar.

  • Uraian Materi Pembelajaran

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif salah satu tujuannya adalah untuk memfasilitasi siswa belajar mandiri tanpa adanya fasilitator, sehingga materi yang disampaikan haruslah komunikatif dan interaktif.

  • Latihan atau Tes

Latihan atau tes pada media pembelajaran interaktif berfungsi untuk mengukur pemahaman siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran.Latihan atau tes yang digunakan pada media pembelajaran interaktif sangant beragam, mulai dari pilihan ganda, esai, klik dan geser, mencocokkan, mengurutkan dan lainnya. Jangan lupa berikan respon positif pada setiap latihan atau tes yang dikerjakan siswa.

  • Referensi

Tuliskan daftar referensi pada setiap materi yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif.

  • Nama pembuat/pengembang

Lampirkan identitas atau profil pengembang, pada media pembelajaran interaktif.


Berikut adalahcontoh media pembelajaran interaktif identitas trigonometri :

Lihat Media...

(sumber : Balai Layanan Platform Teknologi Kemendikbudristek)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang!

Selamat Datang Di Blog Belajar Santai Matematika! Ayo belajar matematika dengan santai dan menyenangkan! Semua bisa belajar matematika!

Profil Pelajar Pancasila

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Jumlah Pengunjung

Mengenai Saya

 


Perdinan Markos Sinaga

Sahabat Rumah Belajar 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2022
Sahabat Teknologi 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2023


Belajar Matematika Tidak Perlu Takut!

Belajar Matematika harus santai tidak perlu takut! "Belajar Matematika Ibarat main game, butuh logika, keterampilan dan perlu diulang-ulang"-Perdinan Markos Sinaga.

Recent Posts