UJi Coba 6

 Jika $(gof)(x) = x^{2} + 4x$ dan $g(x) = x^2 - 4$, maka, $f(2x - 3)$ = ...

  A. 2x + 1             D. 2x - 3

  B. 2x - 1              E. 3x - 2

  C. 2x + 3



Untuk menyelesaikan soal limit berikut, kita harus mulai dari : $f(x) = x^{2} + 2x + 1$, untuk mencari fungsi $(fog)(x)$ :
$f(x) = x^{2} + 2x + 1$ $(fog)(x) = f{g(x)}$      kemudian $g(x)$ disubtitusi ke $x$ pada fungsi : $f(x) = x^{2} + 2x + 1$ 
$(fog)(x) = {g(x)}^{2} + 2g(x) + 1$ kemudian $x + 2$ disubtitusi ke $g(x)$ pada fungsi : $f(x) = {g(x)}^{2} + 2g(x) + 1$ 
$(fog)(x) = {(x + 2)}^{2} + 2(x + 2) + 1$ 
$(fog)(x) = (x^{2} + 4x + 4) + (2x + 4) + 1$ 
$(fog)(x) = x^{2} + 4x + 4 + 2x + 4 + 1$ 
$(fog)(x) = x^{2} + 6x + 5$

Share:

Uji Coba 5



Soal No. 1

Jika $(gof)(x) = x^{2} + 4x$ dan $g(x) = x^2 - 4$, maka, $f(2x - 3)$ = ...

  A. 2x + 1             D. 2x - 3

  B. 2x - 1              E. 3x - 2

  C. 2x + 3


Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN - LIMIT FUNGSI ALJABAR NOL PER NOL

Soal No. 1

Nilai dari $\displaystyle\lim_{t\to0}\dfrac{1-cos(2t)}{4t^2}$ adalah $\cdots\cdot$


A. $-\dfrac14$C.$\dfrac13$E.$\dfrac12$

B. $-\dfrac13$D.$\dfrac14$



Soal No. 2

Nilai dari $\displaystyle\lim_{t\to0}\dfrac{1-cos(2t)}{4t^2}$ adalah $\cdots\cdot$


A. $-\dfrac14$C.$\dfrac13$E.$\dfrac12$

B. $-\dfrac13$D.$\dfrac14$

Share:

Turunan Fungsi

Jika $R(t)=t\sqrt{t} + \dfrac{1}{t\sqrt{t}}$

A. $\dfrac32\sqrt{t} + \dfrac{3}{2\sqrt{t}}$

B. $-\dfrac{1}{x^2}+3x^2-\dfrac{1}{\sqrt{2x}}$

C. $-x^3+3x^2+\dfrac12\sqrt{2x}$

D. $\dfrac{1}{x^2}+x^2-2$

E. $\dfrac{1}{x^2}+3x^2+\dfrac12\sqrt{2x}$

Share:

PERSENTASE



Pembahasan
1. Berapakah hasil dari : 40% dari 120.000 = ...
    A.  24.000                    C.  48.000
    B.  36.000                    D.  50.000


40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.000


Pembahasan : 40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.000
Share:

Soal dan Pembahasan - Persentase

1. Berapakah hasil dari : 40% dari 120.000 = ...

    A.  24.000                    C.  48.000
    B.  36.000                    D.  50.000



Pembahasan
40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.00

2. Berapakah hasil dari : 70% dari 150.000 = ...

    A.  110.000                    C.  95.000
    B.  105.000                    D.  85.000

Pembahasan
70% x 150.000 = 70/100 x 150.000 = 70 x 1500 = 105.000


Share:

KUIS - Nilai Mutlak

1. Nilai x yang memenuhi persamaan: | x - 3 |= 4 adalah . . .
x = -1 atau x = 7
x = -7 atau x = 1
x = -2 atau x = 6
x = -6 atau x = 2

2. Nilai x yang memenuhi persamaan: | 2x - 5 |= 3 adalah . . .
x = -1 atau x = -4
x = 1 atau x = 4
x = -2 atau x = -3
x = 2 atau x = 3

3. Nilai x yang memenuhi persamaan: | x + 3 | + 1 = 2 adalah . . .
x = 1 atau x = 3
x = 2 atau x = 4
x = -1 atau x = -3
x = -2 atau x = -4

4. Nilai x yang memenuhi persamaan: | 3x + 6 | - 5 = 4 adalah . . .
x = -2 atau x = 1
x = -3 atau x = 2
x = -5 atau x = 1
x = -6 atau x = 3

5. Nilai x yang memenuhi persamaan: 2| 2x + 4 |= 16 adalah . . .
x = -6 atau x = 4
x = -5 atau x = 3
x = -6 atau x = 2
x = -5 atau x = 1

Nilai Kuis kamu adalah. . .
Score =



Share:

LIMIT FUNGSI ALJABAR NOL PER NOL - SOAL DAN PEMBAHASAN


\[\lim_{x \to 0}\frac{f(x)}{g(x)}=\frac{0}{0}\]


1.    Hasil dari :
\[\lim_{x \to 3}\frac{x^2 - 4x + 3}{x - 3}= . . .\]
        A.  1                                        D.  4
        B.  2                                        E.  5
        C.  3

Pembahasan :


\[\lim_{x \to 3}\frac{x^2 - 4x + 3}{x - 3} =  \lim_{x \to 3}\frac{{(x - 3)}{(x - 1)}}{(x - 3)}\]
\[\lim_{x \to 3}\frac{{(x - 3)}{(x - 1)}}{(x - 3)}\]
\[=\lim_{x \to 3}(x - 1)\]
= 3 - 1 
= 2

2.    Hasil dari :
\[\lim_{x \to 1}\frac{ x - 1}{2x - 2}= . . .\]
        $A. \frac{ 1}{4}$                            D. 1   
        $B. \frac{ 1}{3}$                                E.   2                                
        $C. \frac{ 1}{2}$
        

Pembahasan :
\[\lim_{x \to 1}\frac{x - 1}{2x - 2} =  \lim_{x \to 1}\frac{(x - 1)}{2(x - 1)} \]
=\[\lim_{x \to 1} 2\]
= 2


Share:

NILAI MUTLAK - Soal dan Pembahasan (Mudah)









1.       Nilai a yang memenuhi | a | = 5 adalah ….

A.  a = 5                                           D.  a = -1 atau a = -5

B.  a = 10                                          E.  a = -5 atau a = 5

C.  a = 15  


Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak :


                      


                          |a | = 5

a = 5                   atau                 a = -5

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : a = -5 atau a = 5  (E)

 

2.            
Himpunan Penyelesaian dari | x  –  5| = 3 adalah . . .

A.      {1,2}                                                  D.  {2,8}

B.       {2,3}                                                  E.  {3,9}

C.       {1,10}


        Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak : 

                  


                      |x – 5| = 3

x – 5 = 3            atau                x – 5 = - 3

x  = 3 + 5                                 x = - 3 + 5

x = 8                                        x = 2

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : {2,8}  (D)


3   Jika |4m| = 16, makan nilai m yang memenuhi persamaan tersebut adalah ….

        A.      m = 2                                                            D.  m = 4 atau m = -4

        B.       m = 4                                                            E.  m = 8 atau m = -8

        C.       m = 3 atau m = -3

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak :

 

 

                               |4m| = 16

4m = 16                     atau                 4m = -16

m = 16 / 4                                            m = -16 / 4

m = 4                                                   m = -4

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : m = 4 atau m = -4  (E)


4.             Diketahui f(x) = |8 - 2x| . Nilai f(1) + f(3) = ····

A.       4                                                      D.  7

B.       5                                                      E.  8

C.       6

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita mulai dengan menghitung f(1) dan f(3) :

f(x) = |8 - 2x|

 

        f(1)= |8 - 2(1)|       dan          f(3)= |8 - 2(3)|

        f(1)= |8 - 2|                           f(3)= |8 - 6|

        f(1)= |6|                              f(3)= |2|

        f(1)= 6                                 f(3)= 2

 

Maka,     f(1) +  f(3)       = 6 + 2

                                       = 8

Jadi, nilai f(1) +  f(3) = 8  (E)



5.             Diketahui f(x) = |x + 2| dan g(x) = |3x – 1|. Nilai f(-5) + g(-2) = ····

A.      12                                                    D.  5

B.       10                                                    E.  2

C.       8

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita mulai dengan menghitung f(-5) dan g(-2) :

 

        f(x) = |x + 2|       dan    g(x) = |3x - 1|

        f(-5) = |-5 + 2|              g(-2) = |3(-2) - 1|

        f(-5) = |-3|                     g(-2) = |-6 - 1|

        f(-5) = 3                        g(-2) = |-7|

                                            g(-2) = 7

 

Maka,     f(-5) +  g(-2)    = 3 + 7

                                       = 10


Jadi, nilai  f(-5) +  g(-2)  = 10  (B)


Share:

LKPD SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL






Berikut adalah contoh LKPD sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)

 
Share:

LATIHAN SOAL SPLTV BAGIAN 1




SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

Berikut adalah soal latihan sistem persamaan linear tiga variabel. 
Baca petunjuk pengerjaan soal dengan cermat! 
Password : sayabisa
Semoga Berhasil! 

Share:

VLOG TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022 : BERBAGI DAN BERKOLABORASI






VLOG TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022 : BERBAGI DAN BERKOLABORASI

#pustekkom_kemdikbud #tvedukasi_kemdikbud #belajar.kemdikbud #kemdikbud.ri


Halo.. Sahabat Rumah Belajar

Perkenalkan nama saya Perdinan Markos Sinaga Sahabat Rumah Belajar Tahun 2022 dari Provinsi Kepulauan Riau. Kali ini saya akan berbagi dan berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar dan guru-guru yang ada di Indonesia dalam menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

Sebelum melaksanakan kegiatan berbagai dan berkolaborasi terlebih dahulu saya menerapkan praktik baik dalam pembelajaran di kelas dengan menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TIK dengan menggunakan Portal Rumah Belajar di kelas 10 dengan materi logaritma. Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan Portal Rumah Belajar.

Sebelum melakukan kegiatan inti saya melakukan kegiatan diagnostik awal untuk mengetahui kondisi murid-murid sebelum memulai pembelajaran, kemudian saya memberikan motivasi kepada murid agar tetap semangat untuk mengikuti pembelajaran sampai akhir setelah melakukan kegiatan kegiatan diagnostik awal, saya melanjutkan dengan memberikan pertanyaan pemantik untuk merangsang atau memotivasi siswa untuk mengetahui materi yang akan dipelajari saat ini dan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi dan langkah-langkah penyelesaiannya yang akan dipelajari.

Kemudian setelah memberikan pertanyaan pemantik saya memberikan pengertian dan penjelasan tentang logaritma dan cara menyelesaikannya, kemudian saya juga memberikan contoh soal dan pembahasan untuk menyelesaikan logaritma kemudian melakukan kegiatan interaktif tanya jawab dengan murid-murid untuk mengobservasi dan mengukur pemahaman murid tentang materi logaritma.

Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran, kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah mengelompokkan peserta didik kedalam dua kelompok :
  • Kelompok yang pertama adalah kelompok murid yang sudah paham atau mengerti dan bisa belajar dengan mandiri dengan menggunakan panduan belajar.
  • Kelompok yang kedua adalah kelompok murid yang belum paham atau kurang paham terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan.

Kemudian saya melaksanakan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kedua kelompok tersebut. 
  • Bagi kelompok yang pertama yaitu murid yang sudah paham mereka dapat melanjutkan dengan mengerjakan soal atau menjawab kuis melalui bank soal pada portal rumah belajar.
  • Sedangkan bagi kelompok yang kedua yaitu murid-murid kurang paham maka saya akan memberikan contoh soal yang mirip dengan contoh soal sebelumnya dengan memberikan contoh konkrit dan penjelasan yang lebih rinci agar mereka lebih paham. 

Kemudian saya melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada murid tentang materi logaritma yang telah disampaikan. Sebelum menutup pembelajaran saya memotivasi siswa agar tetap rajin belajar dan mengulang-ulang pembelajaran di rumah dengan membuka Portal Rumah Belajar.


Setelah melakukan Praktik Baik, Saya melanjutkan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan guru di SMAN 2 BINTAN PESISIR. Saya mengajak para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan portal rumah belajar dan Platform Merdeka Mengajar. Kegiatan sosialisasi yang saya lakukan memaparkan Fitur-Fitur Rumah Belajar seperti kelas maya, sumber belajar, bank soal dan lab. maya.

Saya juga melakukan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan guru di SMPN 19 BINTAN. Saya juga mengajak para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

Dan terakhir untuk menjangkau lebih banyak guru-guru dan  sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bintan, maka saya melakukan kegiatan sosialisasi Praktik Baik kepada rekan-rekan guru MGMP FISIKA SMA Kabupaten Bintan. Saya mengajak para guru sebagai perwakilan dari sekolah masing-masing untuk menerapkan Pembelajaran Inovatif yang berbasis TIK di dalam kelas sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.

(Penulis : Perdinan Markos Sinaga)

Share:

Selamat Datang!

Selamat Datang Di Blog Belajar Santai Matematika! Ayo belajar matematika dengan santai dan menyenangkan! Semua bisa belajar matematika!

Profil Pelajar Pancasila

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Jumlah Pengunjung

Mengenai Saya

 


Perdinan Markos Sinaga

Sahabat Rumah Belajar 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2022
Sahabat Teknologi 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2023


Belajar Matematika Tidak Perlu Takut!

Belajar Matematika harus santai tidak perlu takut! "Belajar Matematika Ibarat main game, butuh logika, keterampilan dan perlu diulang-ulang"-Perdinan Markos Sinaga.

Recent Posts