Ayo Segera Dafar Kihajar STEM 2023 - Kuatkan Ekosistem Digital Pendidikan

Bintan (9/7) - Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI meluncurkan program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) dan Kihajar (Kita Harus Belajar) STEM 2023 secara daring pada Kamis (8/6). Kihajar (Kita Harus Belajar) STEM 2023 merupakan salah satu program unggulan untuk transformasi digital dari gerakan Merdeka Belajar  sebagai upaya penguatan dalam implementasi Kurikulum Merdeka. “Transformasi digital merupakan kunci untuk memajukan sistem pendidikan Indonesia. Guru-guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menghadirkan pembelajaran yang menarik dan lebih bermakna. Begitupun para pelajar yang harus siap menghadapi perkembangan zaman dan menjadi inovator di masa depan,” ujar Mendikbudristek.  

Ayo adik-adik pelajar di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang ada di seluruh Indonesia dan SILN untuk mengikuti Kihajar STEM 2023. Segera daftarkan diri anda.

Baca lebih lanjut disini.



Sumber : https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembatik-dan-kihajar-stem-2023-kuatkan-ekosistem-digital-pendidikan/

Share:

Daftarkan Diri Anda Sekarang - Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) 2023 Telah Dibuka

Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) 2023, telah dibuka, daftarkan diri anda sekarang
Apa Itu PembaTIK?

Bintan (30/6) - Pembatik adalah  suatu program peningkatan kompetensi pendidik dalam kegiatan Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.


Yuk, Daftar Pembatik 2023!


Syarat & Ketentuan

  • Memiliki dan telah mengaktivasi akun belajar.id
  • Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS, CPNS, maupun PPPK yang dibuktikan dengan SK yang bersangkutan.
  • Guru tetap yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan.
  • Guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
  • Tenaga kependidikan di instansi pendidikan pemerintah/swasta, dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.*
  • *Tenaga kependidikan dapat mengikuti PembaTIK, namun tidak dapat mengikuti seleksi Duta Teknologi

Baca lebih lanjut disini.

Sumber : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik

Share:

Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Platform Merdeka Mengajar Pada Awal Tahun Ajaran Baru 2023-2024

Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar, Komunitas Belajar,CP, ATP, TP, Bukti Karya, Asesmen, Aksi Nyata
Bintan (28/6) - Platform Merdeka Mengajar merupakan program yang di buat oleh kemendikbudristek yang diperuntukkan bagi guru dan kepala sekolah untuk mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, serta mendukung proses belajar bersama di kelas, sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih kreatif, bermakna, dan berpusat pada murid. Anda dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar sebagai sumber mengajar, selama diselaraskan dengan kebutuhan murid dan tujuan pembelajaran dan saling berbagi karya dengan menggunakan platform merdeka mengajar.

Baca lebih lanjut disini.

Sumber : https://guru.kemdikbud.go.id/

Share:

UJi Coba 6

 Jika $(gof)(x) = x^{2} + 4x$ dan $g(x) = x^2 - 4$, maka, $f(2x - 3)$ = ...

  A. 2x + 1             D. 2x - 3

  B. 2x - 1              E. 3x - 2

  C. 2x + 3



Untuk menyelesaikan soal limit berikut, kita harus mulai dari : $f(x) = x^{2} + 2x + 1$, untuk mencari fungsi $(fog)(x)$ :
$f(x) = x^{2} + 2x + 1$ $(fog)(x) = f{g(x)}$      kemudian $g(x)$ disubtitusi ke $x$ pada fungsi : $f(x) = x^{2} + 2x + 1$ 
$(fog)(x) = {g(x)}^{2} + 2g(x) + 1$ kemudian $x + 2$ disubtitusi ke $g(x)$ pada fungsi : $f(x) = {g(x)}^{2} + 2g(x) + 1$ 
$(fog)(x) = {(x + 2)}^{2} + 2(x + 2) + 1$ 
$(fog)(x) = (x^{2} + 4x + 4) + (2x + 4) + 1$ 
$(fog)(x) = x^{2} + 4x + 4 + 2x + 4 + 1$ 
$(fog)(x) = x^{2} + 6x + 5$

Share:

Uji Coba 5



Soal No. 1

Jika $(gof)(x) = x^{2} + 4x$ dan $g(x) = x^2 - 4$, maka, $f(2x - 3)$ = ...

  A. 2x + 1             D. 2x - 3

  B. 2x - 1              E. 3x - 2

  C. 2x + 3


Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN - LIMIT FUNGSI ALJABAR NOL PER NOL

Soal No. 1

Nilai dari $\displaystyle\lim_{t\to0}\dfrac{1-cos(2t)}{4t^2}$ adalah $\cdots\cdot$


A. $-\dfrac14$C.$\dfrac13$E.$\dfrac12$

B. $-\dfrac13$D.$\dfrac14$



Soal No. 2

Nilai dari $\displaystyle\lim_{t\to0}\dfrac{1-cos(2t)}{4t^2}$ adalah $\cdots\cdot$


A. $-\dfrac14$C.$\dfrac13$E.$\dfrac12$

B. $-\dfrac13$D.$\dfrac14$

Share:

Turunan Fungsi

Jika $R(t)=t\sqrt{t} + \dfrac{1}{t\sqrt{t}}$

A. $\dfrac32\sqrt{t} + \dfrac{3}{2\sqrt{t}}$

B. $-\dfrac{1}{x^2}+3x^2-\dfrac{1}{\sqrt{2x}}$

C. $-x^3+3x^2+\dfrac12\sqrt{2x}$

D. $\dfrac{1}{x^2}+x^2-2$

E. $\dfrac{1}{x^2}+3x^2+\dfrac12\sqrt{2x}$

Share:

PERSENTASE



Pembahasan
1. Berapakah hasil dari : 40% dari 120.000 = ...
    A.  24.000                    C.  48.000
    B.  36.000                    D.  50.000


40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.000


Pembahasan : 40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.000
Share:

Soal dan Pembahasan - Persentase

1. Berapakah hasil dari : 40% dari 120.000 = ...

    A.  24.000                    C.  48.000
    B.  36.000                    D.  50.000



Pembahasan
40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.00

2. Berapakah hasil dari : 70% dari 150.000 = ...

    A.  110.000                    C.  95.000
    B.  105.000                    D.  85.000

Pembahasan
70% x 150.000 = 70/100 x 150.000 = 70 x 1500 = 105.000


Share:

KUIS - Nilai Mutlak

1. Nilai x yang memenuhi persamaan: | x - 3 |= 4 adalah . . .
x = -1 atau x = 7
x = -7 atau x = 1
x = -2 atau x = 6
x = -6 atau x = 2

2. Nilai x yang memenuhi persamaan: | 2x - 5 |= 3 adalah . . .
x = -1 atau x = -4
x = 1 atau x = 4
x = -2 atau x = -3
x = 2 atau x = 3

3. Nilai x yang memenuhi persamaan: | x + 3 | + 1 = 2 adalah . . .
x = 1 atau x = 3
x = 2 atau x = 4
x = -1 atau x = -3
x = -2 atau x = -4

4. Nilai x yang memenuhi persamaan: | 3x + 6 | - 5 = 4 adalah . . .
x = -2 atau x = 1
x = -3 atau x = 2
x = -5 atau x = 1
x = -6 atau x = 3

5. Nilai x yang memenuhi persamaan: 2| 2x + 4 |= 16 adalah . . .
x = -6 atau x = 4
x = -5 atau x = 3
x = -6 atau x = 2
x = -5 atau x = 1

Nilai Kuis kamu adalah. . .
Score =



Share:

LIMIT FUNGSI ALJABAR NOL PER NOL - SOAL DAN PEMBAHASAN


\[\lim_{x \to 0}\frac{f(x)}{g(x)}=\frac{0}{0}\]


1.    Hasil dari :
\[\lim_{x \to 3}\frac{x^2 - 4x + 3}{x - 3}= . . .\]
        A.  1                                        D.  4
        B.  2                                        E.  5
        C.  3

Pembahasan :


\[\lim_{x \to 3}\frac{x^2 - 4x + 3}{x - 3} =  \lim_{x \to 3}\frac{{(x - 3)}{(x - 1)}}{(x - 3)}\]
\[\lim_{x \to 3}\frac{{(x - 3)}{(x - 1)}}{(x - 3)}\]
\[=\lim_{x \to 3}(x - 1)\]
= 3 - 1 
= 2

2.    Hasil dari :
\[\lim_{x \to 1}\frac{ x - 1}{2x - 2}= . . .\]
        $A. \frac{ 1}{4}$                            D. 1   
        $B. \frac{ 1}{3}$                                E.   2                                
        $C. \frac{ 1}{2}$
        

Pembahasan :
\[\lim_{x \to 1}\frac{x - 1}{2x - 2} =  \lim_{x \to 1}\frac{(x - 1)}{2(x - 1)} \]
=\[\lim_{x \to 1} 2\]
= 2


Share:

NILAI MUTLAK - Soal dan Pembahasan (Mudah)









1.       Nilai a yang memenuhi | a | = 5 adalah ….

A.  a = 5                                           D.  a = -1 atau a = -5

B.  a = 10                                          E.  a = -5 atau a = 5

C.  a = 15  


Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak :


                      


                          |a | = 5

a = 5                   atau                 a = -5

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : a = -5 atau a = 5  (E)

 

2.            
Himpunan Penyelesaian dari | x  –  5| = 3 adalah . . .

A.      {1,2}                                                  D.  {2,8}

B.       {2,3}                                                  E.  {3,9}

C.       {1,10}


        Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak : 

                  


                      |x – 5| = 3

x – 5 = 3            atau                x – 5 = - 3

x  = 3 + 5                                 x = - 3 + 5

x = 8                                        x = 2

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : {2,8}  (D)


3   Jika |4m| = 16, makan nilai m yang memenuhi persamaan tersebut adalah ….

        A.      m = 2                                                            D.  m = 4 atau m = -4

        B.       m = 4                                                            E.  m = 8 atau m = -8

        C.       m = 3 atau m = -3

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak :

 

 

                               |4m| = 16

4m = 16                     atau                 4m = -16

m = 16 / 4                                            m = -16 / 4

m = 4                                                   m = -4

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : m = 4 atau m = -4  (E)


4.             Diketahui f(x) = |8 - 2x| . Nilai f(1) + f(3) = ····

A.       4                                                      D.  7

B.       5                                                      E.  8

C.       6

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita mulai dengan menghitung f(1) dan f(3) :

f(x) = |8 - 2x|

 

        f(1)= |8 - 2(1)|       dan          f(3)= |8 - 2(3)|

        f(1)= |8 - 2|                           f(3)= |8 - 6|

        f(1)= |6|                              f(3)= |2|

        f(1)= 6                                 f(3)= 2

 

Maka,     f(1) +  f(3)       = 6 + 2

                                       = 8

Jadi, nilai f(1) +  f(3) = 8  (E)



5.             Diketahui f(x) = |x + 2| dan g(x) = |3x – 1|. Nilai f(-5) + g(-2) = ····

A.      12                                                    D.  5

B.       10                                                    E.  2

C.       8

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita mulai dengan menghitung f(-5) dan g(-2) :

 

        f(x) = |x + 2|       dan    g(x) = |3x - 1|

        f(-5) = |-5 + 2|              g(-2) = |3(-2) - 1|

        f(-5) = |-3|                     g(-2) = |-6 - 1|

        f(-5) = 3                        g(-2) = |-7|

                                            g(-2) = 7

 

Maka,     f(-5) +  g(-2)    = 3 + 7

                                       = 10


Jadi, nilai  f(-5) +  g(-2)  = 10  (B)


Share:

LKPD SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL






Berikut adalah contoh LKPD sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)

 
Share:

Selamat Datang!

Selamat Datang Di Blog Belajar Santai Matematika! Ayo belajar matematika dengan santai dan menyenangkan! Semua bisa belajar matematika!

Profil Pelajar Pancasila

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Jumlah Pengunjung

Mengenai Saya

 


Perdinan Markos Sinaga

Sahabat Rumah Belajar 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2022
Sahabat Teknologi 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2023


Belajar Matematika Tidak Perlu Takut!

Belajar Matematika harus santai tidak perlu takut! "Belajar Matematika Ibarat main game, butuh logika, keterampilan dan perlu diulang-ulang"-Perdinan Markos Sinaga.

Recent Posts