Pembahasan Soal

Soal No.1 

Nilai sin(30°) adalah ... 
A. 0                                             D. 1
B. 1/2                                           E. -1
C. 3/4

Pembahasan:

Untuk menghitung sin(30°), kita tahu bahwa sin(30°) = 1/2. Sedangkan untuk cos(60°), kita tahu bahwa cos(60°) = 1/2 juga.

Jadi, sin(30°) = cos(60°) = 1/2.

Jawab : B. 1/2   



Soal No.2 
Nilai sin(45°) adalah ...
A. 0                                             D. √2/2
B. 1/2                                           E. √3/2
C. 3/4

Pembahasan:

Kita tahu bahwa tan(45°) = 1, dan kita juga tahu bahwa sin(45°) = cos(45°).

Jadi, sin(45°) = cos(45°) = √2/2

Jawab : D. √2/2 



Soal No.3 
Nilai sin(60°) adalah ... 
A. 0                                             D. √2/2
B. 1/2                                           E. √3/2
C. 3/4

Pembahasan:

Untuk menghitung sin(60°), kita tahu bahwa sin(60°) = √3/2. Sedangkan sin(120°) juga memiliki nilai yang sama.

Jadi, sin(60°) = sin(120°) = √3/2.

Jawab : E. √3/2



Soal No.4 
Nilai sin(90°) adalah ...
A. 0                                             D. 1
B. 1/2                                           E. -1
C. 3/4 

Pembahasan:

Sin(90°) memiliki nilai maksimum yaitu 1, sedangkan cos(0°) juga memiliki nilai yang sama.

Jadi, sin(90°) = cos(0°) = 1.

Jawab : D. 1



Soal No.5 
Nilai sin(0°) adalah ... 
A. 0                                             D. 1
B. 1/2                                           E. -1
C. 3/4

Pembahasan:

Ketika tan(0°) = 0, maka sin(0°) juga harus sama dengan 0. Sedangkan cos(90°) memiliki nilai yang sama.

Jadi, sin(0°) = cos(90°) = 0.

Jawab : A. 0

Share:

Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajar (CP dan TP)

CAPAIAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN 


Bintan (27/9) - Pengertian Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase Fondasi pada PAUD. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A–F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga disusun untuk setiap mata pelajaran.

Murid berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Sementara itu, murid berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan CP umum dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.


Konsep Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.


1. Kompetensi

Kompetensi merupakan kemampuan yang perlu didemonstrasikan oleh murid untuk menunjukkan dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran, antara lain:

  • Secara konkret, kemampuan apa yang perlu didemonstrasikan oleh murid?
  • Tahap berpikir apa yang perlu didemonstrasikan oleh murid?

2. Lingkup Materi

Lingkup materi merupakan konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran, antara lain:

  • Hal apa saja yang perlu dipelajari murid dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP?
  • Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan keseharian murid dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP? (misal: proses pengolahan hasil panen digunakan sebagai konteks untuk belajar tentang persamaan linear di SMA)

Baca selengkapnya disini 

Sumber : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi


Share:

Tentang Kurikulum Merdeka


Bintan (27/09) - Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada guru atau tenaga kependidikan untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan berpihak kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik

Karakteristik Kurikulum Merdeka

Adapun Karakteristik Kurikulum Merdeka terdiri dari :

  • Pengembangan softskills dan karakter
  • Fokus pada materi esensial
  • Pembelajaran yang fleksibel


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Apa itu Profil Pelajar Pancasila?
Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Apa yang menjadi kegunaan Profil Pelajar Pancasila?
Yang menjadi kegunaan Profil Pelajar Pancasila adalah :
  • Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
  • Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia
  • Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan
Apa yang menjadi Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila?
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.
  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia 
  • Berkebinekaan Global
  • Mandiri
  • Bergotong royong
  • Bernalar kritis
  • Kreatif



 

Baca selengkapnya disini 

Sumber : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi


Share:

Media Pembelajaran Interaktif (MPI) - Tugas Pembatik 2023 Level 3 (Kreasi)



Bintan (20/9) - Perjalanan mengikuti PembaTIK 2023 sampai level 3 tentunya penuh tantangan tersendiri bagi para peserta. Mengikuti PembaTIK 2023 tentunya menjadi motivasi bagi para pendidik untuk meningkatkan kompetensinya dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah. PembaTIK  level 3 adalah level Kreasi yang artinya pada level kreasi ini guru atau tenaga kependidikan diberi tantanngan berupa tugas akhir untuk membuat media pembelajaran digital. Salaha satu bentuk dari Media pembelajaran digital adalah media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif membuat proses pembelajaran yang dulunya membosankan menjadi menyenangkan dan lebih asyik.


Membuat Media Pembelajaran Interaktif

Dalam membuat media pembelajaran interaktif,guru atau pendidik harus memahami terlebih dahulu komponen-komponen apa saja yang ada dalam media pembelajaran interaktif. Hal-hal yang perlu diperhatikan atau dipresentasikan dalam pembuaatan media pembelajaran interaktif antara lain :

  • Judul
Buatlah judul media pembelajaran interaktif yang menarik dan mudah untuk diingat oleh siswa.  dan sesuai dengan isi materi.
  • Sasaran

Sebelum mengembangkan sebuah program Multimedia Pembelajaran Interaktif, pengembang harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang menjadi sasaran dalam penggunaan media pembelajaran interaktif tersebut, apakah siswa PAUD/SD/SMP/SMA/SMK?

  • Tujuan Pembelajaran

Tuliskanlah apa yang menjadi tujuan pembelajaran pada pengembangan MPI untuk mengetahui kompetensi yang harus dikuasai atau hasil belajar yang harus dicapai oleh peserta didik setelah belajar.

  • Uraian Materi Pembelajaran

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif salah satu tujuannya adalah untuk memfasilitasi siswa belajar mandiri tanpa adanya fasilitator, sehingga materi yang disampaikan haruslah komunikatif dan interaktif.

  • Latihan atau Tes

Latihan atau tes pada media pembelajaran interaktif berfungsi untuk mengukur pemahaman siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran.Latihan atau tes yang digunakan pada media pembelajaran interaktif sangant beragam, mulai dari pilihan ganda, esai, klik dan geser, mencocokkan, mengurutkan dan lainnya. Jangan lupa berikan respon positif pada setiap latihan atau tes yang dikerjakan siswa.

  • Referensi

Tuliskan daftar referensi pada setiap materi yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif.

  • Nama pembuat/pengembang

Lampirkan identitas atau profil pengembang, pada media pembelajaran interaktif.


Berikut adalahcontoh media pembelajaran interaktif identitas trigonometri :

Lihat Media...

(sumber : Balai Layanan Platform Teknologi Kemendikbudristek)

Share:

Aksi Nyata : Asesmen SMP - SMASMK Paket B - C



Melakukan Asesmen Awal Pembelajaran
Melakukan Asesmen Awal Pembelajaran

Bintan (14/8) - Apa itu asesmen? sesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahaninformasi untuk mengetahui kebutuhan belajar,perkembangan, dan pencapaian hasil belajar pesertadidik, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahanrefleksi serta landasan untuk meningkatkan mutupembelajaran.

Untuk apa asesmen pembelajaran digunakan?

Asesmen Pembelajaran digunakan guru untukmengetahui kebutuhan belajar dan capaianperkembangan belajar peserta didik, yangdapat dilakukan pada awal, tengah, maupunakhir proses pembelajaran di kelas.

Apa itu asesmen Diagnosis?

Asesmen diagnosis merupakan asesmen yang dilakukan gurudi awal pembelajaran untuk melihat kompetensi danmemonitor perkembangan belajar peserta didik dari aspekkognitif maupun non kognitif.

Apa itu asesmen Formatif?

Asesmen formatif adalah penilaian yang dilakukan dengantujuan untuk memantau dan memperbaiki prosespembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuanpembelajaran. Penilaian formatif dapat dilakukan di awal dandi sepanjang proses pembelajaran.

Apa itu asesmen Sumatif?

Asesmen sumatif yakni sebuah penilaian yang bertujuanuntuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atauCapaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuankenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan.


Jenis-Jenis Asesmen Diagnosis ada dua yaitu :

1. Asesmen diagnostik kognitif

Asesmen yangbertujuan mendiagnosis kemampuan dasar siswadalam topik sebuah mata pelajaran.

2. Asesmen diagnostik non-kognitif

Dilakukan di awal pembelajaran untuk menggali hal-hal seperti :

• Kesejahteraan psikologis dan sosial emosi sisiwa

• Kondisi keluarga dan pergaulan siswa

• Gaya belajar, karakter, serta minat siswa



Share:

AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR

 




AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR



Share:

Ayo Segera Dafar Kihajar STEM 2023 - Kuatkan Ekosistem Digital Pendidikan

Bintan (9/7) - Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI meluncurkan program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) dan Kihajar (Kita Harus Belajar) STEM 2023 secara daring pada Kamis (8/6). Kihajar (Kita Harus Belajar) STEM 2023 merupakan salah satu program unggulan untuk transformasi digital dari gerakan Merdeka Belajar  sebagai upaya penguatan dalam implementasi Kurikulum Merdeka. “Transformasi digital merupakan kunci untuk memajukan sistem pendidikan Indonesia. Guru-guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menghadirkan pembelajaran yang menarik dan lebih bermakna. Begitupun para pelajar yang harus siap menghadapi perkembangan zaman dan menjadi inovator di masa depan,” ujar Mendikbudristek.  

Ayo adik-adik pelajar di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang ada di seluruh Indonesia dan SILN untuk mengikuti Kihajar STEM 2023. Segera daftarkan diri anda.

Baca lebih lanjut disini.



Sumber : https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembatik-dan-kihajar-stem-2023-kuatkan-ekosistem-digital-pendidikan/

Share:

Daftarkan Diri Anda Sekarang - Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) 2023 Telah Dibuka

Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) 2023, telah dibuka, daftarkan diri anda sekarang
Apa Itu PembaTIK?

Bintan (30/6) - Pembatik adalah  suatu program peningkatan kompetensi pendidik dalam kegiatan Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.


Yuk, Daftar Pembatik 2023!


Syarat & Ketentuan

  • Memiliki dan telah mengaktivasi akun belajar.id
  • Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS, CPNS, maupun PPPK yang dibuktikan dengan SK yang bersangkutan.
  • Guru tetap yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan.
  • Guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
  • Tenaga kependidikan di instansi pendidikan pemerintah/swasta, dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.*
  • *Tenaga kependidikan dapat mengikuti PembaTIK, namun tidak dapat mengikuti seleksi Duta Teknologi

Baca lebih lanjut disini.

Sumber : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik

Share:

Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Platform Merdeka Mengajar Pada Awal Tahun Ajaran Baru 2023-2024

Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar, Komunitas Belajar,CP, ATP, TP, Bukti Karya, Asesmen, Aksi Nyata
Bintan (28/6) - Platform Merdeka Mengajar merupakan program yang di buat oleh kemendikbudristek yang diperuntukkan bagi guru dan kepala sekolah untuk mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, serta mendukung proses belajar bersama di kelas, sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih kreatif, bermakna, dan berpusat pada murid. Anda dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar sebagai sumber mengajar, selama diselaraskan dengan kebutuhan murid dan tujuan pembelajaran dan saling berbagi karya dengan menggunakan platform merdeka mengajar.

Baca lebih lanjut disini.

Sumber : https://guru.kemdikbud.go.id/

Share:

UJi Coba 6

 Jika $(gof)(x) = x^{2} + 4x$ dan $g(x) = x^2 - 4$, maka, $f(2x - 3)$ = ...

  A. 2x + 1             D. 2x - 3

  B. 2x - 1              E. 3x - 2

  C. 2x + 3



Untuk menyelesaikan soal limit berikut, kita harus mulai dari : $f(x) = x^{2} + 2x + 1$, untuk mencari fungsi $(fog)(x)$ :
$f(x) = x^{2} + 2x + 1$ $(fog)(x) = f{g(x)}$      kemudian $g(x)$ disubtitusi ke $x$ pada fungsi : $f(x) = x^{2} + 2x + 1$ 
$(fog)(x) = {g(x)}^{2} + 2g(x) + 1$ kemudian $x + 2$ disubtitusi ke $g(x)$ pada fungsi : $f(x) = {g(x)}^{2} + 2g(x) + 1$ 
$(fog)(x) = {(x + 2)}^{2} + 2(x + 2) + 1$ 
$(fog)(x) = (x^{2} + 4x + 4) + (2x + 4) + 1$ 
$(fog)(x) = x^{2} + 4x + 4 + 2x + 4 + 1$ 
$(fog)(x) = x^{2} + 6x + 5$

Share:

Uji Coba 5



Soal No. 1

Jika $(gof)(x) = x^{2} + 4x$ dan $g(x) = x^2 - 4$, maka, $f(2x - 3)$ = ...

  A. 2x + 1             D. 2x - 3

  B. 2x - 1              E. 3x - 2

  C. 2x + 3


Share:

SOAL DAN PEMBAHASAN - LIMIT FUNGSI ALJABAR NOL PER NOL

Soal No. 1

Nilai dari $\displaystyle\lim_{t\to0}\dfrac{1-cos(2t)}{4t^2}$ adalah $\cdots\cdot$


A. $-\dfrac14$C.$\dfrac13$E.$\dfrac12$

B. $-\dfrac13$D.$\dfrac14$



Soal No. 2

Nilai dari $\displaystyle\lim_{t\to0}\dfrac{1-cos(2t)}{4t^2}$ adalah $\cdots\cdot$


A. $-\dfrac14$C.$\dfrac13$E.$\dfrac12$

B. $-\dfrac13$D.$\dfrac14$

Share:

Turunan Fungsi

Jika $R(t)=t\sqrt{t} + \dfrac{1}{t\sqrt{t}}$

A. $\dfrac32\sqrt{t} + \dfrac{3}{2\sqrt{t}}$

B. $-\dfrac{1}{x^2}+3x^2-\dfrac{1}{\sqrt{2x}}$

C. $-x^3+3x^2+\dfrac12\sqrt{2x}$

D. $\dfrac{1}{x^2}+x^2-2$

E. $\dfrac{1}{x^2}+3x^2+\dfrac12\sqrt{2x}$

Share:

PERSENTASE



Pembahasan
1. Berapakah hasil dari : 40% dari 120.000 = ...
    A.  24.000                    C.  48.000
    B.  36.000                    D.  50.000


40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.000


Pembahasan : 40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.000
Share:

Soal dan Pembahasan - Persentase

1. Berapakah hasil dari : 40% dari 120.000 = ...

    A.  24.000                    C.  48.000
    B.  36.000                    D.  50.000



Pembahasan
40% x 120.000 = 40/100 x 120.000 = 40 x 1200 = 48.00

2. Berapakah hasil dari : 70% dari 150.000 = ...

    A.  110.000                    C.  95.000
    B.  105.000                    D.  85.000

Pembahasan
70% x 150.000 = 70/100 x 150.000 = 70 x 1500 = 105.000


Share:

KUIS - Nilai Mutlak

1. Nilai x yang memenuhi persamaan: | x - 3 |= 4 adalah . . .
x = -1 atau x = 7
x = -7 atau x = 1
x = -2 atau x = 6
x = -6 atau x = 2

2. Nilai x yang memenuhi persamaan: | 2x - 5 |= 3 adalah . . .
x = -1 atau x = -4
x = 1 atau x = 4
x = -2 atau x = -3
x = 2 atau x = 3

3. Nilai x yang memenuhi persamaan: | x + 3 | + 1 = 2 adalah . . .
x = 1 atau x = 3
x = 2 atau x = 4
x = -1 atau x = -3
x = -2 atau x = -4

4. Nilai x yang memenuhi persamaan: | 3x + 6 | - 5 = 4 adalah . . .
x = -2 atau x = 1
x = -3 atau x = 2
x = -5 atau x = 1
x = -6 atau x = 3

5. Nilai x yang memenuhi persamaan: 2| 2x + 4 |= 16 adalah . . .
x = -6 atau x = 4
x = -5 atau x = 3
x = -6 atau x = 2
x = -5 atau x = 1

Nilai Kuis kamu adalah. . .
Score =



Share:

LIMIT FUNGSI ALJABAR NOL PER NOL - SOAL DAN PEMBAHASAN


\[\lim_{x \to 0}\frac{f(x)}{g(x)}=\frac{0}{0}\]


1.    Hasil dari :
\[\lim_{x \to 3}\frac{x^2 - 4x + 3}{x - 3}= . . .\]
        A.  1                                        D.  4
        B.  2                                        E.  5
        C.  3

Pembahasan :


\[\lim_{x \to 3}\frac{x^2 - 4x + 3}{x - 3} =  \lim_{x \to 3}\frac{{(x - 3)}{(x - 1)}}{(x - 3)}\]
\[\lim_{x \to 3}\frac{{(x - 3)}{(x - 1)}}{(x - 3)}\]
\[=\lim_{x \to 3}(x - 1)\]
= 3 - 1 
= 2

2.    Hasil dari :
\[\lim_{x \to 1}\frac{ x - 1}{2x - 2}= . . .\]
        $A. \frac{ 1}{4}$                            D. 1   
        $B. \frac{ 1}{3}$                                E.   2                                
        $C. \frac{ 1}{2}$
        

Pembahasan :
\[\lim_{x \to 1}\frac{x - 1}{2x - 2} =  \lim_{x \to 1}\frac{(x - 1)}{2(x - 1)} \]
=\[\lim_{x \to 1} 2\]
= 2


Share:

NILAI MUTLAK - Soal dan Pembahasan (Mudah)









1.       Nilai a yang memenuhi | a | = 5 adalah ….

A.  a = 5                                           D.  a = -1 atau a = -5

B.  a = 10                                          E.  a = -5 atau a = 5

C.  a = 15  


Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak :


                      


                          |a | = 5

a = 5                   atau                 a = -5

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : a = -5 atau a = 5  (E)

 

2.            
Himpunan Penyelesaian dari | x  –  5| = 3 adalah . . .

A.      {1,2}                                                  D.  {2,8}

B.       {2,3}                                                  E.  {3,9}

C.       {1,10}


        Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak : 

                  


                      |x – 5| = 3

x – 5 = 3            atau                x – 5 = - 3

x  = 3 + 5                                 x = - 3 + 5

x = 8                                        x = 2

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : {2,8}  (D)


3   Jika |4m| = 16, makan nilai m yang memenuhi persamaan tersebut adalah ….

        A.      m = 2                                                            D.  m = 4 atau m = -4

        B.       m = 4                                                            E.  m = 8 atau m = -8

        C.       m = 3 atau m = -3

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita menggunakan defenisi nilai mutlak :

 

 

                               |4m| = 16

4m = 16                     atau                 4m = -16

m = 16 / 4                                            m = -16 / 4

m = 4                                                   m = -4

 

Jadi, himpunan penyelesaian soal tersebut adalah : m = 4 atau m = -4  (E)


4.             Diketahui f(x) = |8 - 2x| . Nilai f(1) + f(3) = ····

A.       4                                                      D.  7

B.       5                                                      E.  8

C.       6

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita mulai dengan menghitung f(1) dan f(3) :

f(x) = |8 - 2x|

 

        f(1)= |8 - 2(1)|       dan          f(3)= |8 - 2(3)|

        f(1)= |8 - 2|                           f(3)= |8 - 6|

        f(1)= |6|                              f(3)= |2|

        f(1)= 6                                 f(3)= 2

 

Maka,     f(1) +  f(3)       = 6 + 2

                                       = 8

Jadi, nilai f(1) +  f(3) = 8  (E)



5.             Diketahui f(x) = |x + 2| dan g(x) = |3x – 1|. Nilai f(-5) + g(-2) = ····

A.      12                                                    D.  5

B.       10                                                    E.  2

C.       8

 

Pembahasan :

Untuk menjawab soal tersebut kita mulai dengan menghitung f(-5) dan g(-2) :

 

        f(x) = |x + 2|       dan    g(x) = |3x - 1|

        f(-5) = |-5 + 2|              g(-2) = |3(-2) - 1|

        f(-5) = |-3|                     g(-2) = |-6 - 1|

        f(-5) = 3                        g(-2) = |-7|

                                            g(-2) = 7

 

Maka,     f(-5) +  g(-2)    = 3 + 7

                                       = 10


Jadi, nilai  f(-5) +  g(-2)  = 10  (B)


Share:

Selamat Datang!

Selamat Datang Di Blog Belajar Santai Matematika! Ayo belajar matematika dengan santai dan menyenangkan! Semua bisa belajar matematika!

Profil Pelajar Pancasila

Tugas Akhir Pembatik Level 4 Tahun 2023

Jumlah Pengunjung

Mengenai Saya

 


Perdinan Markos Sinaga

Sahabat Rumah Belajar 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2022
Sahabat Teknologi 
Dari Provinsi Kepulauan Riau
Tahun 2023


Belajar Matematika Tidak Perlu Takut!

Belajar Matematika harus santai tidak perlu takut! "Belajar Matematika Ibarat main game, butuh logika, keterampilan dan perlu diulang-ulang"-Perdinan Markos Sinaga.

Recent Posts